Indonesia dikenal sebagai Negara yang kaya akan berbagai sumberdaya alam dan aneka budaya yang tumbuh dan berkembang diseluruh penjuru tanah air dari sabang sampai Merauke. Oleh karena setiap daerah memiliki budaya yang tumbuh dan berkembang di daerahnya.
Definisi Budaya
Menurut Hofstede, budaya diartikan sebagai pemograman kolektif atas pikiran yang membedakan anggota-anggota suatu kategori orang dari kategori lainnya. Dalam hal ini yang menjadi kata kunci budaya adalah pemograman kolektif yang menggambarkan suatu proses yang mengikat setiap orang segera setelah kita dilahirkan ke dunia ini.
Menurut Bovee dan Thil budaya adalah system sharing atas symbol-simbol, kepercayaan, sikap, nilai-nilai, harapan dan norma-norma untuk berperilaku. Dalam hal ini semua anggota dalam budaya memiliki asumsi-asumsi yang serupa tentang bagaimana seorang berpikir, berperilaku dan berkomunikasi, cenderung untuk melakukannya berdasarkan asumsi-asumsi tersebut.
Komponen Budaya
- Dalam bidang antropologi, menurut Cateora, budaya memiliki beberapa elemen yaitu :
- budaya material,
- lembaga sosial
- system kepercayaan,
- estetika
- bahasa.
Dalam kehidupan sehari-hari orang akan selalu berhubungan dengan orang lain yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda . Disamping itu juga perbedaan dalam hal suku , agama, ras/etnis, pendidikan, usia, pekerjaan, status dan jenis kelamin. Perbedaan berbagai latar belakang budaya akan berpengaruh terhadap bagaimana seseorang mengirim, menerima, dan menafsirkan pesan-pesan kepada orang lain. Perbedaan budaya dapat dilihat dari :
- Nilai social
- Peran dan status
- Kebiasaan pengambilan keputusan
- Sikap terhadap waktu
- Penggunaan ruang/jarak
- Konteks budaya
- Bahas tubuh
- Hokum
- Perilaku etis
- Perbedaan budaya perusahaan
Komunikasi Dengan Orang Berbudaya Asing
- Belajar tentang budaya .Ketika anda berkeinginan untuk keluar negeri, anda harus siap menghadapai budaya yang sama sekali berbeda dengan budaya anda.
- Mengembangkan keterampilan komunikasi lintas budaya
- Asumsikan berbeda hingga suatu persamaan telah terbukti
- Berani mengambil tanggungjawab saat berkomunikasi
- Tidak memberi pendapat
- Tunjukkan suatu penghargaan
- Empati
- Menahan sikap ambiguitas/mendua
- Dsb.
Orang dari budaya yang berbeda seringkali mempunyai pendekatan bernegosiasi yang berbeda dan tingkat toleransinya untuk suatu ketidaksetujuan juga bervariasi.
Tugas 1
- Jelaskan beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis
- Jelaskan tentang Komunikasi mempunyai dua peranan penting bagi suatu organisasi !
- Apa perbedaan antara saluran komunikasi formal dengan saluran komunikasi informal. Jelaskan secara singkat tapi padat.
1.Keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis
- Membaca .Dengan kita membaca kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan yang sebelumnya kita tidak tahu menjadi tahu dan dapat berguna dalam proses suatu komunikasi.
- Mendengar.Mendengarkan adalah Merespon atau menerima bunyi secara disengaja. Memperhatikan dengan baik apa yang dikatakan oleh orang lain yang merupakan proses komunikasi kita dengan konsumen,karyawan dan pemasok.
- Berbicara.Berbicara adalah Kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Dan berbicara merupakan proses komunikasi antara kita dan orang lain(Customer).
- Wawancara.Wawancara adalah pertemuan dua orang atau lebih dengan maksud untuk menggali informasi baik berupa fakta atau pendapat seseorang untuk tujuan tertentu.
- Berdiskusi dengan kelompok-kelompok kecil.Berdiskusi adalah pertemuan beberapa orang untuk saling mentukar informasi,masukan,atau pertanyaan.
- Presentasi.Presentasi adalah suatu cara dimana kita menjelaskan tujuan kita melalui suatu media Yang tujuannya dapat di mengerti orang yang mendengarkannya dan itu merupakan hal Yang penting dalam komunikasi bisnis.
- Menulis Surat,Memo dan Laporan.Menulis berfungsi sebagai media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dapat di Pahami dan di mengerti orang lain untuk menyampaikan pesan atau penjelasan dan Merupakan hal yang penting untuk komunikasi bisnis.
- Komunikasi vertikal
Bentuk komunikasi ini merupakan bentuk komunikasi yang terjadi dari atas ke bawah
dan sebaliknya. Artinya komunikasi yang disampaikan pimpinan kepada bawahan, dan
dari bawahan kepada pimpinan secara timbal balik.
Fungsi komunikasi ke bawah digunakan pimpinan untuk:
a. Melaksanakan kebijaksanaan, prosedur kerja, peraturan, instruksi, mengenai
b. pelaksanaan kerja bawahan,menyampaikan pengarahan doktrinasi, evaluasi, teguran.
c. Memberikan informasi mengenai tujuan organisasi, kebijaksanaan-kebijaksaan organisasi,intensif.
- Komunikasi Diagonal.Bentuk komunikasi ini sering disebut juga komunikasi silang. Berlangsung dari seseorang kepada orang lain dalam posisi yang berbeda. Dalam arti pihak yang satu tidak berada pada jalur struktur yang lain.
tetapi tidak mempunyai wewenang langsung kepada pihak lain.
3.Perbedaan Komunikasi Formal Dan Komunikasi Non formal
Komunikasi formal adalah suatu proses komunikasi yang bersifat resmi dan biasanya dilakukan di dalam lembaga formal melalui garis perintah atau sifatnya instruktif , berdasarkan struktur organisasi oleh pelaku yang berkomunikasi sebagai petugas organisasi dengan status masing - masing yang tujuannya menyampaikan pesan yang terkait dengan kepentingan dinas.
Komunikasi informal adalah komunikasi antara orang yang ada dalam suatu organisasi , akan tetapi tidak direncanakan atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi. komunikasi informal akan untuk memenuhi kebutuhan sosial , mempengaruhi orang lain , dan mengatasi kelambatan komunikasi formal yang biasanya cenderung kaku dan harus melalui berbagai jalur terlebih dahulu .
Sumber : http://student.ut.ac.id