Inisiasi 5 Pemasaran Jasa.01

Thursday, April 16, 2015
Pelanggan sering kali berpartisipasi secara aktif dalam penghantaran jasa, mereka juga harus dilibatkan di dalam proses pengembangan jasa baru. Pelanggan dapat membantu mendesain konsep jasa dan proses penghantaran jasa, khususnya di dalam situasi di mana pelanggan secara personal harus menjadi bagian dalam proses. Marriot Corporation pemilik Mariot Hotel diketahui secara umum ikut melibatkan tamunya dalam mendesain kamar hotelnya untuk meyakinkan bahwa fitur dan penempatan furnitur di dalam ruang adalah untuk tamu yang menginap di dalamnya dan tidak sekadar untuk staf dan arsitek yang mendesain kamarnya.

Sebuah asumsi yang harus digaris bawahi dari model proses pengembangan produk baru adalah bahwa ide-ide produk baru dapat dihentikan pada setiap tahap dari proses jika ide tersebut tidak memenuhi kriteria yang diperlukan untuk kesuksesan yang dibutuhkan pada tiap tahap tersebut.

Pengembangan produk maupun jasa baru jarang sekali melalui proses linier secara lengkap. Banyak perusahaan memutuskan untuk mempercepat pengembangan jasa baru, beberapa tahapan dapat dikerjakan secara bersama-sama, dan dalam beberapa kasus dapat bahkan dihilangkan. Tahapan yang saling tumpang tindih dan pengembangan simultan dari berbagai macam proses pengembangan produk dan jasa baru disebut sebagai “flexible product development”. Tipe fleksibel ini, mempercepat proses khususnya penting di dalam industri yang bergerak dibidang teknologi, di mana produk dan jasa berubah dengan sangat cepat. Tahapan pengembangan jasa baru dapat dilihat pada gambar berikut ini


Sumber http://elearning.ut.ac.id/
Bagikan Artikel ini ke : Facebook Google+ Twitter Digg Lintaskan
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Diva nz

No comments:

Post a Comment