Karakteristik perusahaan jasa, dagang, dan Manufaktur

Tuesday, September 16, 2014
1.Perusahaan jasa
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa dalam bidang berbagai pelayanan yang memberikan kemudahan,kenyamanan bagi masyarakat yang memerlukannya.

Karakteristik perusahaan jasa :
  • Ketidakberwujudan( intangibility) : jasa biasanya tidak dapat didentifikasi secara fisik sehingga tidak dapat disimpan dan harus segera dikonsumsi pada saat diperoleh
  • Ketakterpisahkan(inseparability) : keterlibatan konsumen tidak dapat dipisahkan dari jasa yang harus diberikan dan dalam hal tertentu konsumen lain juga terlibat dalam menikmati jasa ,misal bioskop
  • Keanekaragaman( heterogenity) : jenis dan kualitas layanan berbeda –beda untuk tiap konsumen sehingga sulit distandarisasikan kegiatan layanannya ,misal jasa rumah sakit
  • Keterlenyapan( perishability) : manfaat mereka pada jasa akan habis /lenyap dengan cepat sehingga konsumsi jasa akan dilakukan konsumen secara berulang. Misal jasa cuci mobil.
Jenis jasa Bidang usaha
  1. komunikasi :Perusahaan telepon, station TV,radio
  2. profesi : Akuntan,klinik bersalin 
  3. hiburan : Bioskop, taman hiburan, kebun binatang 
  4. Tempat tinggal :Hotel,asrama, guest house 
  5. Keahlian perorangan :Salon kecantikan, penjahit, studio foto 
  6. pertanggungan : asuransi 
2.Perusahaan dagang
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjual kembali tanpa melakukan pengolahan kembali tanpa mengolah sifat produk tersebut. Seandainya melakukan pengolahan hanya pengemasan kembali, pemberian label,pembungkusan.
Contohnya : dealer, toko-toko kelontong, shopping mall, toko swalayan
Karakteristik adalah
  1. Melakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dagang baik secara tunai maupun kredit
  2. Melakukan penyimpanan barang dagang setelah pembelian dan sebelum barang dagang laku terjual
  3. Melakukan transaksi retur pembelian/retur penjualan bila diperlukan
  4. Melakukan transaksi pelunasan/pembayaran utang dan penerimaan piutang dagang yang telah terjadi
Kegiatannya berupa :
  1. Pembelian :Membeli berbagai macam produk di berbagai pamasokan
  2. pemasaran :Mempromosi produk tersebut ke pembeli /konsumen yang potensial 
  3. penganekaragaman Menyediakan berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan dan selera konsumen 
  4. pendanaan :Menyediakan fasilitas kredit untuk konsumen potenstial agar dapat mendorong terjadinya transaksi 
  5. Penyimpanan: Menyediakan dan melindungi produk untuk melayani kebutuhan konsumen secara lebih baik dan potensial 
  6. penyortiran : Membeli barang atau produk secara borongan kemudian memilih dan memecah menjadi unit 
  7. Penyeleksian: kualitas Membeli barang /produk secara borongan kemudian menyeleksi kualitas dan membungkus serta memberi label sesuai kualitas 
  8. pengangkutan: Memindahkan barang secara fisik dari prousen ke konsumen akhir 
  9. Penyediaan : informasi pasar Menyampaikan informasi pasar yang diperlukan oleh pembuat produk seperti volume penjualan harapan
    Penaggungan resiko Menyerap usaha khususnya yang berkaitan dengan penyimpanan dan keuangan produk
3.Perusahaan Manufaktur
Perusahaan manufaktur(pabrik) adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku kemudian menjual barang jadi tersebut.Contoh pabrik sepatu,pabrik roti

Karakteristiknya :
  1. Dalam kegiatan manufaktur terdiri dari produksi, pemasaran da administratif/umum.
  2. Adanya bagian yang disebut dengan pabrik yang merupakan fungsi/kegiatan tambahan yang terdapat dalam perusahaan manufaktur
Dari ketiga jenis perusahaan tersebut yang bergerak di ketiga bidang tersebut adalah perusahaan honda atau toyota mobil
Bagikan Artikel ini ke : Facebook Google+ Twitter Digg

3 comments: