Untuk mencapai suatu tujuan dalam suatu organisasi,di perlukan adanya suatu proses komunikasi yang dapat mentransfer pesan-pesan dari pengirim kepenerima pesan.
Secara umum komunikasi mempunyai dua fungsi penting dalam organisasi yaitu :
- komunikasi memungkinkan orang-orang untuk saling bertukar informasi
- komunikasi membantu menghubungkan sekelompok anggota dalam organisasi yang terpisah dari anggota lainnya.
Berikut adalah kegiatan organisasi yang berkaitan dengan pertukaran informasi :
- Menetapkan tujuan
- Membuat dan melaksanakan keputusan
- Mengukur prestasi kerja
- Merekrut dan mengembangkan staf
- Pelayanan pelanggan
- Negoisasi dengan Pemasok
- Membuat produk
- Berinteraksi dengan peraturan yang ada
Secara umum pola komunikasi dapat dibedakan ke dalam saluran komunikasi formal dan saluran komunikasi non formal. Yang dibahas dalam komunikasi formal adalah :
- Komunikasi dari atas ke bawah
- Komunikasi dari bawah ke atas
- Komunikasi horizontal
- Komunikasi diagonal
- Keterbatas komunikasi formal
- Saluran Komunikasi Informal
Cara Mengelola Komunikasi
Dua hal yang perlu diperhatikan dalam hal mengelola komunikasi, pertama bagaimana menagani pesan-pesan yang bersifat rutin, kedua bagaimana menangani krisis komunikasi.
Komunikasi yang merupakan keterkaitan antara individu-individu dengan organisasi mempunyai peranan yang cukup penting bagi berjalannya fungsi-fungsi dalam suatu organisasi. Beberapa kegiatan organisasional yang ada dalam suatu organisasi mencakup penentuan tujuan, pengambilan keputusan, pengukuran hasil kerja, pengembangan staf, keterkaitan dengan konsumen, negosiasi dengan pemasok, menghasilkan produk, dan interaksi dengan peraturan yang ada.
Meningkatkan keterampilan Komunikasi
Beberapa keterampilan khusus yang diperlukan dalam komunikasi bisnis :
- membaca
- mendengar
- percakapan menarik
- wawancara
- berdiskusi dengan kelompok-kelompok kecil
- berpidato dan presentasi
- menulis surat, memo, dan laporan
aku @2