Inisiasi 8 - Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bisnis

Tuesday, October 21, 2014
Mengenal Teknologi Komunikasi dan Informasi

Perhatikan kumpulan merek dagang yang terkait dengan teknologi informasi dan komunikasi pada Gambar berikut :


Merek-merek tersebut menunjukkan tingkat perkembangan masyarakat dalam persentuhan dengan teknologi informasi dan komunikasi. Merek-merek tersebut juga menunjukkan bagaimana masyarakat kita mengalami apa yang dinamakan sebagai fenomena “kebanjiran informasi” seperti diilustrasikan pada Gambar berikutnya :
Kita mendapatkan begitu banyak informasi yang kita akses melalui komputer. Mulai dari informasi yang memang kita butuhkan sampai informasi sampah yang sebenarnya hanya

memenuhi kesenangan kita belaka, tanpa memberi manfaat apa pun dalam kehidupan kita.

Banjir informasi inilah yang kemudian menuntut kita untuk memiliki keterampilan baru yang dinamakan melek-informasi (information literacy) yang disebut sebagai salah satu bentuk literasi abad ke-21. Lingkungan hidup dan sosial kita memang mengalami banyak perubahan setelah teknologi informasi dan komunikasi ini berkembang. Kita mengubah kebiasaan mengambil uang di bank menjadi di ATM, kita mengubah kebiasaan berkirim kartu pos dengan SMS atau MMS, kita mengubah kebiasaan berkirim surat melalui surat konvensional menjadi e-mail, dan kita pun mengubah cara membeli dari pembelian tunai menjadi e-buying seperti membeli buku di “toko buku” Amazon.com.

Teknologi informasi adalah teknologi yang kita pergunakan untuk mengolah data dan kata, atau bisa kita sederhanakan sebagai komputer. Sedangkan teknologi komunikasi merupakan teknologi yang dipergunakan untuk menyebarluaskan informasi. Namun teknologi informasi dan komunikasi merupakan perangkat yang dipergunakan untuk mengolah data dan kata yang kemudian disebarluaskan melalui perangkat komunikasi yang tersedia.

Teknologi informasi dan komunikasi itu selanjutnya berdampak pula pada praktik komunikasi bisnis yang berlangsung sebelumnya. Ada banyak kegiatan komunikasi bisnis yang berubah karena perkembangan teknologi ini. Misalnya, banyak perusahaan yang mengkomunikasikan pesannya melalui situs internet. Bahkan siaran pers pun tidak lagi hanya dikirimkan ke media massa namun juga disediakan di situs internet perusahaan.

Di samping itu lahir pula apa yang dinamakan sebagai media baru. Media baru ini merupakan anak kandung teknologi informasi dan komunikasi. Dinamakan media baru, karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan media lama atau media konvensional dalam kegiatan komunikasi seperti surat, media cetak dan media elektronika. Media baru yang berkembang saat ini merupakan produk dari konvergensi media komunikasi yang tadinya masing-masing berdiri sendiri. Kita bisa mencontohkan, tadinya saluran telepon berdiri terpisah dari komputer, komputer terpisah dari perpustakaan atau media massa. Kini semua itu dipadukan, sehingga orang menghubungkan komputernya dengan saluran telepon untuk memasuki jaringan internet lalu mengakses berbagai sumber informasi seperti perpustakaan dan media massa. Bahkan kini dikembangkan media komunikasi yang berbasiskan tekenologi yang mengkonvergensikan media tadi. Selain itu, karena sifat interaktifnya maka interaktivitas menjadi ciri media baru tersebut. Orang bisa memilih sendiri “menu” informasi yang diinginkan atau diperlukannya. Isi komunikasinya dipilihnya sendiri.

Demikian sdr mahasiswa sekilas tentang teknologi informasi dan komunikasi bisnis, untuk lebih jelas bisa dibaca pada BMP Komunikasi Bisnis oleh Dr. Yosal Iriantara.

Sumber : http://student.ut.ac.id/
Bagikan Artikel ini ke : Facebook Google+ Twitter Digg
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Diva nz

No comments:

Post a Comment